Kabid Dayasos : TKSK Harus Kembali Ke Fitrahnya

Bogor | newskabarnegeri.com

Dengan terpilihnya Mahmur Memed Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Ciseeng, sebagai Ketua Forum TKSK Kabupaten Bogor Periode 2021-2023 dalam Musyawarah TKSK ke IV yang digelar di Aula Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Rabu (16/12/2020). Kepala Bidang Bidang Pemberdayaan Sosial (Dayasos), Lenny Rachmawati mengingatkan bahwa tugas TKSK itu adalah sebagai Relawan Murni, sehingga harus kembali ke fitrahnya sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tufoksi)nya.

Baca Juga :  Study At Home SMK Negeri 1 Bogor Selama Pandemi Covid-19

“Mengutamakan, Mengedepankan sisi Kemanusiaan, membantu masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial yang membutuhkan, prioritaskan itu. Karena fitrahnya TKSK ditunjuk oleh Kementerian sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten dan Provinsi itu adalah untuk bisa membantu pemerintah dalam menangani masalah-masalah kesejahteraan sosial di Kecamatan,” tutur Lenny.



Lenny juga menjelaskan bahwa Ketua Forum TKSK itu memiliki tugas mengkoordinasikan 40 TKSK yang ada di Kabupaten Bogor agar bersinergi dalam melaksanakan tugas. Menurutnya Tugas TKSK tidak lah mudah sebagai koordinator Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di Kecamatan, sehingga dinilai harus mampu mengkoordinasikan tugas-tugasnya dengan Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan SLRT serta unsur-unsur relawan lainya agar terkoordinasi sehingga tidak jalan sendiri-sendiri.

Baca Juga :  PSBB Dramaga Di 14 Ruas Jalan, Terfokus Di JLD

“Jadi Saya berharap Ketua Forum itu mampu mempersatukan mereka, memiliki loyalitas yang bagus, yang mengedepankan sisi kemanusiaan mereka. Intinya adalah, tugas TKSK khususnya PSKS adalah membentu pemerintah untuk mensukseskan semua program – program pemerintah, ikut mengawal semua program – program pemerintah dan ikut mendukung program – program pemerintah yang diluncurkan,” pungkasnya. (Randi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *