Awas !, Langgar ini e-Warong Bisa Dapat Sanksi

0
72

Perspektif | newskabarnegeri.com

Agen46 Bank BNI atau e-Warong yang melayani penyaluran Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau Program Sembako yang biasa disebut BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH) memang memiliki hak untuk menentukan pemasok/Supplier yang memiliki kredibilitas untuk menyediakan produk bahan Pangan secara konsisten berkualitas dengan harga yang kompetitif. Selain itu e-Warong juga diperkenankan untuk menggunakan infrastruktur perbankan untuk melayani Keluarga Penerima Manfaat (KPM), e-Warong juga seharusnya menerima edukasi dan sosialisasi terkait program dari Dinas Sosial Setempat maupun Bank BNI.

Namun e-Warong juga perlu memperhatikan beberapa larangan yang harus dihindari oleh Agen46 yang menyalurkan Program Sembako maupun PKH, larangan tersebut diantaranya; Tidak meminjamkan mesin EDC untuk keperluan apapun, termasuk keperluan Penyaluran Program Sembako atau PKH dan Program Pemerintah lainya tanpa sepengetahuan Bank BNI.



e-Warong juga berkewajiban menjaga dengan baik dan bertanggungjawab atas mesin EDC yang dipergunakan, memiliki Toko atau Warung Sembako yang aktif dan memiliki stok barang atau komoditi yang akan disalurkan. e-Warong juga diwajibkan patuh dan taat dengan peraturan kerjasama yang telah dibuat Bank BNI dengan Menteri Keungan dan Menteri Sosial, sesuai Pedoman Umum (Pedum) Program Sembako dan PKH.

e-Warong juga tidak diperbolehkan menahan atau mengumpulkan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) milik KPM, e-Warong juga dilarang memungut biaya apapun diluar ketentuan yang berlaku sesuai Pedum Program Sembako dan PKH.

Selain itu e-Warong atau Agen46 BNI juga diwajibkan selalu melaporkan hasil penyaluran dan KKS error Program Sembako dan PKH kepada perangkat Desa, Pendamping Program Sembako dan PKH setiap bulanya. e-Warong juga wajib menyediakan bahan Pangan dengan Kualitas Bagus secara konsisten dan dilarang menjual dengan harga diatas harga pasar atau harga eceran tertinggi yang telah ditentukan oleh lembaga terkait.

Jika larangan dan kewajiban e-Warong atau Agen46 BNI tidak dijalankan, e-Warong akan dikenakan sanksi pencabutan fitur penyaluran Bantuan Sosial di Sistem Keagenan, serta penarikan mesin EDC Mini ATM BNI Agen46. Bahkan e-Warong wajib bertanggungjawab penuh jika mesin EDC rusak atau hilang. e-Warong juga dapat dikenakan Pemutusan Hubungan Kerjasama dengan Bank BNI bahkan mengganti semua kerugian materil yang ditimbulkan akibat pelanggaran larangan dan kewajiban.

Sumber :

  • Pedoman Umum Program Sembako 2020
  • Kebijakan Bank BNI

Tinggalkan Balasan