Desa Purwasari Bebenah Saluran Irigasi

0
25

Bogor | newskabarnegeri.com

Desa Purwasari Kecamatan Dramaga realisasikan Dana Desa (DD) Tahan 3 dengan merevitalisasi saluran irigasi di beberapa titik, salah satu diantaranya terletak di Kp. Purwasari RT.02/RW.04. Saluran tersebut menjadi prioritas karena sudah tidak berpungsi maksimal, dikala hujan deras kerap mengakibatkan banjir bahkan air bisa masuk ke perumahan warga.

H. Sana (67) warga Selaku Tokoh Masyarakat setempat yang juga terdampak menuturkan bahwa, dengan dibangunnya saluran air tersebut ia sangat berterimakasih kepada Pemerintah Desa Purwasari dan tidak khawatir lagi saat musim hujan tiba.

“Sekarang mah tidak khawatir lagi, Alhamdulillah masyarakat semua terima kasih kepada pemerintah Desa, Lurahnya bagus, semoga Desa Purwasari mah maju, no hiji,” Pungkas H. Sana.

Selain itu Ketua TPK Desa Purwasari Iyus menuturkan bahwa Pembangunan fungsi selokan tersebut yang dikerjakan Tim TPK Desa Purwasari dan Masyarakat sekitar, dengan Volume panjang 35 meter, menggunakan DD senilai Rp. 26.440.000 dan membutuhkan waktu 5 hari kerja. “Alhamdulillah pada kesempatan pagi ini cuaca menunjang, dengan saya selaku termasuk pengelola kerja Desa Purwasari bersama kelompok kerja (POKJA),” tuturnya.

Iyus juga menuturkan bahwa Revitalisasi Saluran Irigasi dan Gorong-gorong yang disuplay airnya dari Sungai Cisasah Kiri ini bertujuan, untuk memperlancar aliran air ke pesawahan dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.

Disamping itu Kepala Desa Purwasari M. Yusuf Mustopa yang turut memantau di lokasi pekerjaan, membenarkan saat diwawancara oleh Tim newskabarnegeri.com, bahwa pekerjaan tersebut bertujuan agar sanitasi lingkungan dibenahi supaya masyarakatnya tidak lagi terganggu dengan saluran yang tidak berfungsi maksimal. Kades Purwasari juga berharap, dengan dibangunnya sanitasi ini masyarakat bisa nyaman dan tidak kebanjiran, juga dapat dipergunakan untuk pesawahan di Desa Purwasari.

“Dengan dibangunnya ini menjadi sanitasi yang baik sehingga tidak ada warga yang kebanjiran dan normalisasi pesawahan salah satunya, lainnya kenyamanan warga pabila ada hujan besar,” tutup Kepala Desa Purwasari.

Reporter : A. Supriatna

Tinggalkan Balasan