Kecamatan Tenjolaya Gelar Sosialisasi Bintek Tata Cara Penilaian dan Pembobotan Calon Kepala

0
2

Bogor, Kabar Negeri

Panitia Pemelihan Kepala Desa (Pilkades) Kecamatan Tenjolaya menggelar Sosialiaasi Bimbingan Teknis (Bintek) tata cara penilaian dan pembobotan Calon Kepala Desa Lebih dari 5. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Sosialisasi Pemeriksaan Berkas Bakal Calon dan Tatacara Penilaian Tes Seleksi Bakal Calon Kepala Desa sesuai pasal 43 (bakal calon yang memenuhi ke-absahan kelengkapan persyaratan administrasi) Peraturan Bupati Nomor 37 tahun 2019.

Acara yang terselenggara di Aula kecamatan Tenjolaya, Selasa, (10/09/2019) di hadiri 35 peserta Diantaranya Danramil Ciampea/2114 Kapten Kav.Bambang Mujianto, Kapolsek Ciampea diwakili, Kepala Seksi Aparatur Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, M. Jamaludin, S.Ip., M.Si, serta 4 pejabat Kepala Desa, Acara ini di buka langsung oleh Sekertaris Camat Tenjolaya (Sekcam) Atep Soleh Sumaryo, SH, MM.



“Bagi anggota kami Babinsa yang mana di wilayah tersebut sedang dalam pesta Demokrasi (Pilkades) dilarang keras ada keberpihakan ke pasangan salah satu Calon Kepala Desa,” ujar Danramil Ciampea/2114, Kapten Kav. Bambang Mujianto saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Kapten Kav. Bambang Mujianto juga menambahkan dalam Pilkades ini himbauan untuk masyarakat boleh saling mendukung sesama calonnya, namun jangan sampai terjadi perpecahan antar sesama masyarakat apalagi mengarah ke tindakan anarkis, sehingga tercipta situasi aman dan kondisif.

Dalam kesempatan yang sama perwakilan dari DPMD Kabupaten Bogor, Jamaludin, S.Ip., M.Si menyampaikan paparan bahwa waktu seleksi ditentukan di tingkat Kecamatan. Dalam pesannya, Jamaludin juga menyampaikan agar para Bakal Calon (Balon) dapat memahami aturan baik itu Peraturan Bupati (Perbub), Peraturan Daerah (Perda) bahkan Peraturan Pemerintah (PP).

“sehingga tidak tergiring dan terjebak oleh situasi ambisi, para Balao disarankan dapat mempelajari hingga faham terkait aturan, baik aturan Pilkades maupun aturan terkait Pemerintahan Desa, di era kini sangat mudah di akses di internet karena semuanya dapat di akses,” katanya.

Lanjutnya, Balon harus mampu melewati persyaratan yang sudah di tetapkan sesuai Perbub 37 tahun 2019 pasal 58. Poin para Balon harus lulus tahapan seleksi, namun pasal 1 megatakan, apabila bakal calon kepala Desa lebih dari 5 (Lima) orang yang memenuhi persyaratan maka panitia pemilihan Desa tingkat Desa melakukan seleksi tambahan dengan mengajukan kriteria : a. Pengalaman bertugas di organisasi pemerintah, lembaga kemasyarajatan, tingkat pendidikan dan usia; dan b. Kemampuan Pengetahuan.(Heri)

Tinggalkan Balasan