Bagikan Gerobak, Neglasari Juga Butuh Penambahan Truk Pengangkut Sampah

0
7

Bogor, Kabar Negeri

Dalam upaya merealisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum, khususnya pada pasal 9 ayat 2 yang berbunyi Setiap orang atau badan dilarang membuang sampah ke sungai, saluran, situ/danau dan mata air. Pemerintah Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga mulai menyediakan 6 gerobak sampah untuk setiap RW di wilayahnya.

“Nantinya gerobak itu akan mengangkut sampah rumah tangga di setiap rumah warga, untuk dibawa ke penampungan sementara, yang saat ini masih di pinggir jalan, yang nantinya akan diangkut mobil truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor,” kata Kepala Desa, Yayan Mulyana.



Namun ternyata untuk menerapkan Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum, khususnya pada pasal 9 ayat 2 secara maksimal masih diperlukan perhatian khusus pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, dengan menambahkan armada pengangkutan sampah untuk Kecamatan Dramaga.

“Jika sampah yang kita tampung sementara di beberapa titik di pinggir jalan itu cuman satu hari tidak menjadi masalah, namun yang harus dipertimbangkan kalo sampah sudah lebih dari dua hari, pastinya muncul bau tak sedap bahkan dikawatirkan berpengaruh pada kesehatan masyarakat sekitar, hal itu terjadi karena terkadang truk sampah telat mengangkut sampahnya karena keterbatasan unit pengangkut sampah,” tutur Kepala Desa.(Randi)

Tinggalkan Balasan