Fungsi 7 Zona di Dalam Taman Nasional

0
6

Bogor, Kabar Negeri

Dalam Peraturan Menteri Kehutanan (Permenhut) Nomor: P. 56 /Menhut-II/2006 Tentang Pedoman Zonasi Taman Nasional disebutkan ada 7 zona dalam kawasan Taman Nasional yang memiliki fungsinya masing-masing, Zonasi hutan tersebut bertujuan untuk mewujudkan sistem pengelolaan taman nasional yang efektif dan optimal sesuai dengan fungsinya.

Sehingga Penyelenggaraan kehutanan berasaskan manfaat dan lestari, kerakyatan, keadilan, kebersamaan, keterbukaan, dan keterpaduan dapat terwujud, demi kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan.



Dalam Pasal 6 di Permenhut tersebut diterangkan bahwa Peruntukan masing-masing zona dibagi menjadi 7 bagian, diantaranya Zona inti yang difungsikan untuk perlindungan ekosistem, pengawetan flora dan fauna khas beserta habitatnya yang peka terhadap gangguan dan perubahan, sumber plasma nutfah dari jenis tumbuhan dan satwa liar, untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budidaya.

Selain itu ada juga Zona rimba yang diperutukan untuk kegiatan pengawetan dan pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan alam bagi kepentingan penelitian, pendidikan konservasi, wisata terbatas, habitat satwa migran dan menunjang budidaya serta mendukung zona inti.

Selanjutnya, Zona pemanfaatan untuk pengembangan pariwisata alam dan rekreasi, jasa lingkungan, pendidikan, penelitian dan pengembangan yang menunjang pemanfatan, kegiatan penunjang budidaya.

Zona tradisional untuk pemanfaatan potensi tertentu taman nasional oleh masyarakat setempat secara lestari melalui pengaturan pemanfaatan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lalu ada Zona rehabilitasi untuk mengembalikan ekosistem kawasan yang rusak menjadi atau mendekati kondisi ekosistem alamiahnya. Selanjutnya, Zona religi, budaya dan sejarah untuk memperlihatkan dan melindungi nilai-nilai hasiI karya, budaya, sejarah, arkeologi maupun keagamaan, sebagai wahana penelitian; pendidikan dan wisata alam sejarah, arkeologi dan religius.

Yang terakhir adalah Zona khusus untuk kepentingan aktivitas kelompok masyarakat yang tinggal diwilayah tersebut sebelum ditunjuk ditetapkan sebagai taman nasional dan sarana penunjang kehidupannya, serta kepentingan yang tidak dapat dihindari berupa sarana telekomunikasi, fasilitas transportasi dan Iistrik.(Redaksi)

Tinggalkan Balasan