Awas Dipenjara !, Buang Sampah Sembarangan Di Desa Neglasari

0
23

Bogor, Kabar Negeri

Desa Neglasari Kecamatan Dramaga kini sedang fokus menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum, khususnya pada pasal 9 ayat 2 yang berbunyi Setiap orang atau badan dilarang membuang sampah ke sungai, saluran, situ/danau dan mata air.

Jika ada yang mebuang sampah sembarangan dan berpotenti melanggar aturan itu sesuai pasal 39 ayat 1, akan dikenakan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau pidana denda paling banyak Rp. 50.000.000.



Kepala Desa Neglasari, Yayan Mulyana pada Senin (08/07/2019) menyampaikan bahwa untuk mensosialisasikan Perda ini pihaknya memasang Spanduk dibeberapa titik, “diantaranya di titik Rawan pembuangan sampah dan lokasi keramaian,” tutur Yayan.

Senada dengan hal tersebut Serka Kusnoto selaku Babinsa Desa Neglasari, Koramil 2120/Ciomas, Kodim 0621/Kab.Bogor Korem 061/SK menyampaikan bahwa pentingnya memerangi sampah dan menjaga sumber air yang ada di wilayah, terlebih dimusim kemarau ini.

“Dengan adanya Perda ini kita semua diingatkan akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah, khususnya menjaga kelestarian sumber air seperti Sungai, Setu apalagi Mata Air yang menjadi sumber kehidupan kita semua,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Dengan disosialisasikan kembali Perda Nomor 4 Tahun 2015 ini Kepala Desa dan Babinsa Neglasari sepakat, untuk terus memberikan arahan kepada masyarakat agar bersama-sama memerangi sampah.

“Sampah ini harus sama-sama kita perangi artinya kita jangan sampai buang sampah sembarangan, namun tidak menutup kemungkinan sampah ini juga bisa dikembangkan serta diolah menjadi sumber penghasilan kedepanya,” pungkas Kepala Desa. (Heri/Randi)

Tinggalkan Balasan