Dapat CMB, Rachmat Yasin Bebas

0
3

Bogor, Kabar Negeri

Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin Akhirnya menghirup udara bebas dengan mendapatkan Cuti Menjelang Bebas (CMB), setelah menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin Bandung selama 5,2 Tahun.

CMB yang diberikan merupakan usulan langsung dari Lapas Sukamiskin karena persyaratan administratif dan substantif Rachmat telah memenuhi syarat. Selama menjalankan CMB, Rachmat Yasin bisa pulang dengan pengawalan dan pengawasan tetap berlaku, sampai bebas murni pada Agustus mendatang.

“Alhamdulillah ini keharuan sangat luar biasa. Berkat doa semua. Saya bersyukur bisa diberikan cuti bebas ini. Ini merupakan hikmah Ramadan, saya dapat barokah bisa menjalani Ramadan dan lebaran di rumah bersama keluarga bisa dapat cuti tiga bulan,” ujar Rachmat Yasin saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Syukuran di kediamannya, Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (8/5/2019).



Selain itu Rachmat Yasin menyampaikan bahwa kembalinya Ia ke rumah bukan ingin terjun ke dunia politik lagi. Politisi PPP itu berjanji tidak akan kembali ke dunia politik.

“Banyak yang menyangka saya kembali ke rumah sudah bebas dan ingin terjun menjadi Bupati lagi. Demi Allah saya tidak akan kembali menjadi Bupati. Sekarang saya hanya ingin memotivasi adik-adik saya saja yang sedang menjalani periode barunya menjadi Bupati sambil mengingatkan dia,” kata Politisi Berumur 55 tahun itu.

Sebelumnya seperti yang diketahui Rachmat Yasin mendapatkan vonis 5,2 tahun atas kasus pemberian izin alih fungsi lahan hutan untuk perumahan elite yang dikelola PT. Bukit Jonggol Asri dengan kompensasi Rp 5 miliar.

Pengadilan Tinggi (PT) Bandung menyebut alih fungsi hutan di kawasan Bogor ini pula yang memicu banjir di Jakarta, akibatnya Rachmat dinyatakan bersalah melanggar pasal 12(a) UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001. (Randi)

Tinggalkan Balasan