Lokakarya Mini Lintas Sektor Kec. Dramaga Wujud Inovasi & Evaluasi Kesehatan

0
2

Bogor, Kabar Negeri

Empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Dramaga menggelar Temu Sosialisasi Lokakarya Mini Lintas Sektor Dalam Penanganan Kesehatan, kegiatan ini di inisiasi oleh Kepala Puskesmas Kampung Manggis, yang digelar di Aula Sebaguna Kantor Kecamatan Dramaga.

Dalam acara tersebut turut hadir Camat, Drs. Adi Henryana, AP, M.Si, Kapolsek, AKP Budi Santoso, Danramil 2120/Ciomas Mayor Inf. H.N. Alamsyah. MEI, 10 Kepala Desa yang ada di Kecamatan Dramaga, Ketua MUI, Tokoh Masyarakat dan Kader PKK Puskesmas dari setiap desa di Dramaga.

Camat Dramaga, Drs. Adi Henryana, AP, M.Si, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor pada tahun 2019 dilaksanakan secara serempak di aula Kecamatan dan ini merupakan kegiatan yang pertamakali dilaksanakan, “karena biasa Lokakarya Mini di laksanakan di masing-masing Puskesmas, tujuannnya adalah selain untuk mengetahui rencana, program dan kegiatan yang akan atau sedang dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas yang ada di Kecamatan Dramaga,” katanya.

Camat juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut juga sekaligus bentuk evaluasi dan menerima masukan-masukan dari berbagai elemen masyarakat terkait dengan kinerja Puskesmas, termasuk sosialisasi berkenaan dengan penyakit endemik yang sering muncul di Wialayah Dramaga, termasuk bagaimana cara mengantisipasi dan mencegahnya.

Kepala Puskesmas Kampung Manggis dr. Hariansyah dalam kesempatan tersebut menilai bahwa, wilayah Dramaga sudah Hijau karena kaya akan tumbuh-tumbuhan dan tanaman, sehingga Program Indonesia Sehat dalam Nawacita Presiden sudah mulai terealisasi di Dramaga. “Semua Kecamatan Dramaga sudah hijau artinya menjadi Indonesia sehat, itu Nawacita program Pak Jokowi Presiden RI,” tuturnya.

Disamping itu dirinya menyampaikan bahwa acara yang diselenggarakan ini adalah acara pertemuan tingkat Sektoral Puskesmas Lintas Kecamatan Dramaga, mengingat diwilayah ini teridentifikasi 8 poin masalah. “Acara ini pertemuan tingkat sektoral Puskesmas lintas Kecamatan Dramaga, di wilayah ini ada 8 poin masalah teridentipikasi, diantaranya kebiasaan meroko, kunjungan imunisasi balita ke Posyandu yang kurang, kurangnya jamban dan sampah,” katanya.

dr. Hariansyah juga meminta kepada masyarakat dan pemerintah setempat untuk membantu kegiatan kesehatan yang dilakukan, khususnya pengadaan Jamban, karena dirinya menyadari hal ini harus melibatkan semua pihak, mengingat untuk daerah padat di lokasi tertentu pemanfaatan jamban bersama sangatlah penting.

Dirinya juga mengingatkan bahwa permasalahan paling krusial dari Kecamatan Dramaga adalah kebiasaan merokok, terlebih akibat dari merokok bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Disamping itu dirinya juga berharap, masalah kesehatan di wilayah Kecamatan Dramaga agar dapat diketahui oleh Dinas sehingga dapat dilakukan secara bersama sama.

“saya inginnya, masalah kesehatan yang ada di wilayah Kecamatan Dramaga dapat di sebarkan kepada dinas-dinas, terkait supaya dapat diringankan bersama,” tutupnya Hariansyah.(Asep)

Tinggalkan Balasan