Stand Produktif KPM PKH Leuwiliang Wujud Upaya Memandirikan Ekonomi

0
7

Bogor, Kabar Negeri

Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Leuwiliang terus mengembangkan potensi ekonomi yang mereka miliki, hal tersebut terlihat saat Boling Bupati Bogor di Pondok Pasantren Ummul Quro Leuwiliang, Rabu (27/02/2018), dengan menonjolkan stand Ekonomi Produktif KPM PKH Leuwiliang yang menjual berbagai makanan ringan tradisional.

“Produk ini kreatifitas asli dari para anggota KPM wilayah Kecamatan Leuwiliang, khususnya warga Desa Karacak, yang sedang kita kenalkan ke masyarakat luas dan juga sudah satu kali saat kunjungan bapak Presiden ke Pakansari Cibinong juga kini dalam acara Boling Ibu Bupati yang baru, kita kembali lakukan,” kata Elis koordinator, Ketua Kelompok KPM PKH Desa Karacak.

Elis juga mengatakan da beberapa produk andalan yang nantinya dirinya berharap dapat menjadi icon kretifitas KPM PKH wilayah Leuwiliang, diantaranya Wajit dan Emping Melinjo yang bahan baku buah Manggis dan Melinjo dari hasil kebun yang ada di perkebunan masyarakat lokal.

“Ini hasil kretifitas ibu-ibu KPM PKH diwilayah kita kumpulkan lalu kita sosialisalisasikan disetiap acara, alhamdulillah pada saat acara penyerahan bantuan PKH yang dihadiri oleh bapak Presiden di gor Pakansari produk kreatifitas inipun kita tampilkan,” ucapnya.

Namun menurutnya ada terkendala bahan baku buah manggis, mengigat manggis ini dalam 1 tahun hanya berbuah satu kali, “kemungkinan kalau usaha kami berkembang kita cari pemasok di luar daerah,” pungkasnya.

Koordinator Pendamping PKH Leuwiliang Ari menyampaikan, menurutnya para pendamping hanya melakukan tugasnya sesuai yang sudah ditentukan, “Alhamdulillah, kan kami hanya lakukan tugas sebagai mana yang sudah di tentukan, kami lakukan dorongan disetiap acara pertemuan dengan para KPM, agar para KPM PKH lakukan langkah kreatif sehingga berdampak positif terhadap perekonomian keluarganya,” kata Ari.

Menurutnya juga modal kegiatan ini bersumber dari hasil iuran swadaya antar anggota KPM yang dikumpulkan melalui masing-masing ketua kelompok kpm PKH.

Sekretaris Kecamatan Leuwiliang Ivan Pramudia juga turut berikan Apresiasi, dirinya berharap agar usaha para KPM di wilayahnya dapat berkembang dan maju sehingga nantinya bisa betul-betul mandiri, mengingat masih banyak antrian kuota keluarga miskin yang belum berkesempatan mendapatkan bantuan tersebut.

“Sangat kreatif dan mantap, semoga usahanya bisa dikembangkan dan tambah maju, kalau maju usahanya kan berarti sudah mapan ekonominya, dengan mapan ekonominya berarti sudah dapat mandiri, nantinya warga yang belum dapat kesempatan mendapatkan bantuan bisa masuk mengisi kuota itu,” pungkasnya.(Heri)

Tinggalkan Balasan