Muspika Ciampea Akan Gelar Deklarasi Tolak Kampanye Di Sarana Ibadah

0
21

Bogor, Kabar Negeri

Dalam rangka menjaga kondusifitas Pemilu 17 April 2019 mendatang Pemerintah Kecamatan Ciampea, Polsek Ciampea serta Koramil Ciampea Akan Menggelar Deklarasi Tolak Kampanye dan Politisasi Sarana Ibadah, yang akan diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Rabu (27/02/2019), yang akan dihadiri para tokoh Masyarakat, Tokoh Lintas Agama dan Lintas Partai Politik.

Menurut Camat Ciampea Entis Sutisna dengan adanya Deklarasi tersebut dapat lebih mempererat komitmen untuk tidak menjadikan tempat ibadah sebagai ajang Kampanye Pilpres maupun Pileg 2019.

“Saya berharap agar setelah Deklarasi nantinya dapat ditindak lanjuti di tingkat Desa yang berada di Wilayah Kecamatan Ciampea, sehingga tidak ada lagi tempat-tempat ibadah dijadikan ajang kampanye, baik mengkampanyekan Pilpres atau Pileg,” kata Camat, Senin (25/02/2019)

Camat juga menegaskan jika berbicara tentang tempat sarana ibadah menurutnya, bukan saja Masjid, Majlis Ta’lim saja, tapi ada Vihara, Gereja juga Pure.

Hal yang sama disampaikan Kapolsek Ciampea Kompol Bektiyana saat dikompirmasi melalui whatsApp menyampaikan bahwa, Deklarasi yang nantinya akan digelar dengan Tema Deklarasi menolak tempat ibadah dijadikan sarana kampanye atau kegiatan politik akan mengundang berbagai unsur, “semua sudah kita undang,” pungkasnya.

Disamping itu dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas UU No. 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi undang-undang.Berdasarkan Pasal 69 huruf I UU tersebut disebutkan bahwa dalam kampanye dilarang menggunakan tempat ibadah dan tempat pendidikan.

Sanksi bagi siapapun yang melanggar aturan ini tertera di dalam Pasal 187 Ayat 3 UU yang sama. Hukumnya yaitu pidana penjara paling singkat 1 (satu) bulan atau paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp100.000 atau paling banyak Rp1.000.000.(Randi/Heri)

Tinggalkan Balasan