PT. Sayaga Wisata Akan Ikut Kelola Geopark Pongkor

0
3

Bogor, Kabar Negeri

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pariwisata Kabupaten Bogor, PT. Sayaga Wisata Bogor turut serta dalam mengembangkan kawasan wisata Geopark Pongkor sebagai Geopark Nasional. Menurut Direktur Operasional (Dirop) PT Sayaga Wisata, Ivan Fadillah bahwa dalam rapat terakhir persiapan Geopak Nasional dirinya secara pribadi maupun Institusi ikut dilibatkan dalam pembentukan kawasan Geopark.

“Jadi sampai kemarin kita rapat terakhir memang kita jadi salah satu yang diundang untuk mengurus persiapan Geopark Nasional, jadi secara institusi dan pribadi juga masuk nama saya untuk mengurus persiapan pembentukan Geopark Nasional ini,” tuturnya, Rabu (13/02/2019) usai menghadiri Kegiatan Rebo Keliling (Boling) Bupati Bogor.

Selain itu menurutnya PT. Sayaga Wisata merupakan perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor, untuk mengelola Bisnis di Geopak Pongkor. “yang jelas kalo pemda kan gak mungkin bisa bergerak B2B (Business to business), jadi yang bisa bisnis itu BUMDnya, kita yang mewakili Pemda untuk itu,” katanya.

Ivan juga melanjutkan, jadi akan dilebih dibagi bidangnya mungkin apakah kita nanti bagian mempromosikan, apa pengelolaan dibidang mananya, “karena kan nanti kawasan itu ada pengelolanya sendiri, berbentuk badan usaha sendiri nanti didalamnya baru ada siapa-siapa saja yang dilibatkan,” katanya.

Ivan juga mengambil rujukan Geopark Gunung Sewu di Yogyakarta, yang saat ini sudah ada satu perusahaan yang mengelola Geopark bahkan sudah masuk di Unesco. “Seperti yang ada di gunung sewu kan memeng akhirnya ada satu perusahaan mengelola Geopark Nasional di situ, kalo mereka sudah masuk Unesco malahan kan, tentunya dipilih orang-orang yang memang profesional untuk mengelola itu,” tuturnya.

Ivan juga mengatakan, insya Allah kita sudah siap untuk mengelola Geopark, “karena yang baru sekarang digalangkan sama Pemda, Geopark Nasionalnya, kita akan mebentuk kearah Geopark Unesco,” pungkasnya. (Randi)

Tinggalkan Balasan