Maret, Gaji Aparatur Desa Setara PNS IIA, Yasin : Setuju, Tidak Setuju

0
1

Bogor, Kabar Negeri

Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri dalam rapat koordinasi di Menko PMK, Kamis (24/01/2019) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat. Memutuskan bahwa Pemerintah telah menyetujui gaji perangkat desa setara dengan aparatur sipil negara (ASN) golongan II-A.

Pemerintah juga berwacana untuk pelaksanaan penyetaraan gaji perangkat desa akan dilakukan paling lambat di akhir Maret 2019. Karena saat ini Pemerintah masih melakukan pembahasan teknis penyetaraan gaji.

Kepala Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Yasin mengatakan bahwa dirinya setuju juga tidak setuju dengan wacana tersebut. “Kalo saya antara setuju dan tidak setuju, setujunya alhamdulilah ada aturan yang jelas, tidak setujunya kalo diambilnya dari ADD (APBD), kalo dapatnya langsung dari pusat transfer ke desa saya lebih setuju, jangan sampai ini membuat rancu,” ujarnya, Rabu (06/02/2019)

Dirinya juga melanjutkan, kalo besaran gaji besar atau kecilnya relatif, “karena kalo besar juga pengeluaranya banyak, yang penting kecil manfaat dari pada besar tak manfaat,” tuturnya.

Yasin juga menyampaikan bahwa dirinya masih bingung apakah ini bersumber dari APBN atau APBD, “saya masih bingung apakah gaji nanti dari ADD atau dari DD, kalo dianggarkan dari APBN saya berterimakasih sekali, jadi dobel dari ADD ada dari pusat ada, kalo diambilnya masih ADD juga percuma dibahas oleh Presiden juga,” katanya

Dirinya juga mengatakan bahwa intinya harus dipastikan terlebih dahulu aturannya, karena sampai saat ini masih belum ada kepastian berapa besaranya dalam aturan, namun dirinya berharap jangan sampai dengan adanya aturan tersebut malah memperkecil pendapatam aparatur desa.

“Intinya saya ingin pastikan dulu aturanya, saya tak mau berasumsi, karena saya belum tahu pasti besaran gajinya dalam aturan, tapi yang pasti jangan sampai pendapatan aparatur desa lebih rendah dari yang biasanya,” pungkasnya.(Randi)

Tinggalkan Balasan