Dinkes Kab. Bogor Bersama RSMM Gelar Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

0
18

Bogor, Kabar Negeri

Riuh suara terdengar dari sebuah ruangan Aula yang berada di lantai 2 Puskesmas Tanjung Sari Kabupaten Bogor. Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Anak-anak remaja sekolah, telah duduk rapih untuk mengikuti kegiatan yang di gelar Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Tanjung Sari yaitu Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Masyarakat dengan tema “Kenakalan Remaja dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Jiwa”

Puskesmas Tanjung Sari yang sudah terakreditasi Madya ini, terletak di Jl.H. Abdul Halim No.60 Desa Sirnasari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor, dipimpin oleh dr. Adi Nuryadin, sebagai Kepala Puskesmas, Darul Qutni sebagai Kepala TU dan Lilih Herlia Sanusi, AMd.Kep. sebagai Programer Kesehatan Jiwa, memiliki 10 wilayah kerja puskesmas antara lain : Desa Antajaya, Sirnarasa, Cibadah, Sukarasa, Tanjung Rasa, Buana Jaya, Sirnasari, Pasir Tanjung, Selawangi dan Tanjung Sari.
Puskesmas Tanjung Sari memiliki 40 pegawai puskesmas, memiliki 115 pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang terdaftar, 78 pasien yang berobat rutin dan 10 pasien yang dirujuk ke RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat dihadiri oleh 70 peserta kegiatan, yang terdiri dari pasien ODGJ, keluarga ODGJ, RT/RW, Kader Kesehatan, perwakilan KOPI GANJA (Komunitas Peduli Gangguan Jiwa), perwakilan Forum Pendamping ODGJ, PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) Manbaul Huda dan petugas Puskesmas Tanjung Sari.

Acara kegiatan Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat dimulai dengan ceremoni berupa sambutan dari kepala puskesmas yang diwakili Darul Qutni sebagai kepala TU, sambutan dari RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor yang di wakili dr. Sucipto, SpKJ. MARS.
Setelah seremoni acara kegiatan selesai, dilanjutkan dengan “Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan tema Kenakalan Remaja dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Jiwa” yang di sampaikan oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM, sedangkan diruangan terpisah, pemeriksaan dan pengobatan ODGJ di dampingi oleh dr. Sucipto, SpKJ, MARS., sebagai psikiater RSMM, yang berhasil memeriksa dan mengobati 30 ODGJ yang di dampingi oleh keluarganya.(Randi)



Tinggalkan Balasan