Ambalan Pramuka Syadijah, Santuni 74 Yatim

0
1

Bogor, Kabar Negeri
Gugus Depan (Gudep) 30105 – 30106, Ambalan Syaidina Ali dan Siti Khodijah (Syadijah), Pangkalan SMK Global Bhakti Insani (Globin), Kwartir Ranting (Kwarran) Dramaga, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kab. Bogor, menggelar santunan kepada 74 anak yatim, yang berasal dari masyarakat Kecamatan Dramaga.

Pembina Gudep, Dudih Setiawan S.Pd menyampaikan bahwa, kegiatan santunan yatim ini bermula dari inisiatif para anggota Penegak di Gudep 30105 – 30106, sehingga para Penegak melakukan penghimpunan dana dari masyarakat dan swadaya para anggota sendiri.

“Kegiatan santunan yatim ini muncul dari inisiatif para anggota Penegak, sehingga mereka dapat menghimpun dana swadaya dari para Anggota Penegak bahkan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan program Syarat Kecakapan Umum (SKU) kenaikan tingkat penegek Batara ke Laksana, sehingga sebelum kegiatan santunan yatim ini para anggota Penegak juga melakukan observasi di wilayah desa yang ada di Kecamatan Dramaga, bahkan para pemerintahan Desa juga ikut memberikan donasi untuk kegiatan santunan yatim tersebut.

“Santunan ini juga merupakan Program SKU Penegak Laksan, jadi sebelum dilakukannya santunan yatim ini para Anggota Penegek melakukan observasi sesuai SKU ke setiap desa yang ada di Dramaga, bahkan Pemerintah desa juga ikut mendonasikan dana dalam acara ini,” paparnya.

Pembina Gudep juga menyampaikan bahwa disamping dana dari sekolah, para Anggota Penegak juga melakukan kegiatan wirausaha untuk membantu menambah dana santuan. Pembina Gudep juga mengatakan bahwa kegiatan wirausaha tersebut juga merupakan Program kenaikan tingkat SKU dari Batara ke Laksana.

“Disamping dana tersebut, sekolah juga ikut membantu, bahkan para Anggota Penegak melakukan kegiatan wirausaha dengan menjual gorengan dan lainnya, untuk membantu donasi dalam kegiatan santunan yatim,” pungkasnya.

Ketua Dewan Kerja Ranting, Kwarran Dramaga, Vina Puspita W yang hadir dalam kegiatan tersebut juga turut mengapresiasi, menurutnya kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial para anggota Pramuka khususnya Penegak.

“Ini patut diapresiasi, karena dengan kegiatan ini para anggota Pramuka khususnya Penegak, dapat mewujudkan kepedulian sosial dalam masyarakat,” ujarnya.

Disamping itu Ketua Majlis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Saepullah S.Kom, juga turut mengapresiasi kegiatan santunan yatim, menurutnya dengan kegiatan tersebut para anggota Pramuka khususnya yang bernaung di Pangkalan SMK Globin, dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

“Saya turut mengapresiasi kegiatan ini, karena selain meningkatkan peran serta Pramuka dalam bidang sosial, kegiatan ini juga merupakan wujud manfaat positif bagi masyarakat,” katanya. (Randi/Heri)

Tinggalkan Balasan