Yonif 315/GRD Latih 104 Siswa SMPN 1 Kota Bogor

0
15

Bogor, Kabar Negeri

Bertempat di Markas Yonif 315/Garuda yang beralamat di Jl. Mayjen Ishak Djuarsa, Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat telah dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dari siswa siswi SMPN 1 Bogor, Senin (19/11/2018)

Kegiatan LDKS ini dibuka dan ditutup oleh Danyonif 315/Grd Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, SE., yang diselenggarakan sejak tanggal 17 s.d 19 November 2018 serta diikuti oleh 104 siswa siswi SMPN 1 Bogor, dimana dalam kegiatan ini siswa siswi menerima materi secara bervariasi yaitu mulai dari ilmu Kedisiplinan, Kepemimpinan, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Keorganisasian, Psikologi Lapangan, Games, Api Unggun, Malam Renungan dan beragam kegiatan lainnya, ditambah dengan pemberian materi Cinta Alam dan Lingkungan, Bahaya Narkoba terhadap Generasi Muda, Wawasan Kebangsaan serta Motivasi kepada generasi Muda yang diberikan oleh Danyon dan para Perwira Yonif 315/Grd, ujar Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yonif 315/Grd Lettu Inf Bhirawa Anoraga selaku koordinator pelaksana kegiatan LDKS ini.

Yonif 315/Grd sebagai salah satu satuan tempur yang berada dibawah Korem 061/Sk memiliki tugas pokok untuk menjaga keutuhan dan ketahanan wilayah dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang mungkin timbul. Selain melaksanakan fungsi pertempuran juga melaksanakan fungsi pembinaan kepada masyarakat sekitarnya atau yang disebut dengan pembinaan teritorial satuan non kewilayahan yang salah satunya diwujudkan dengan melaksanakan pembinaan LDKS, hal ini disampaikan oleh Danyon kepada para awak media.

Danyon juga berharap LDKS mampu menciptakan pemimpin masa depan yang tangguh dan para siswa siswi mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas guna menggapai cita-cita dimasa depan, LDKS ini juga bertujuan mencetak generasi muda yang berkarakter, menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, nasionalisme, gotong royong, integritas, kedisiplinan, keteladanan dan toleransi antar sesama.

Salah satu guru SMPN 1 Bogor, Ibu Tuti Soenarjo menyampaikan kenapa memilih Yonif 315/Grd sebagai tempat untuk dilakukannya LDKS, dikarenakan dengan membawa anak-anak langsung ke Markas Tentara, mereka akan mengetahui bagaimanan makna dan implementasi kedisiplinan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi serba diatur. Pada dasarnya Ibu Tuti sangat terkesan dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, dan berharap semoga kedepan dapat bekerjasama lagi dengan Yonif 315/Grd. Kesan angker, keras, tegang dan arogan anggapan terhadap militer telah tergantikan dengan penilaian disiplin, cepat, sehat, praktis, teratur, rapi dan humanistik ungkap Ibu Tutik.

Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan melihat pameran Alutsista milik Yonif 315/Grd agar siswa siswi lebih mengenal Alutsista dan menimbulkan rasa keingintahuan serta kecintaan terhadap dunia kemiliteran di Indonesia khususnya Yonif 315/Grd. (Heri)

Tinggalkan Balasan