Kepala Desa Sukaharja Nilai PKH Tak Tepat Sasaran

0
9

Bogor, Kabar Negeri
Realisasi Program Keluarga Harapan (PKH) ternyata dinilai masih belum merata dan tepat sasaran, pasalnya masih banyak masyarakat miskin yang belum tersentuh program tersebut, hal itu terjadi salah satunya di wilayah Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Sukaharja, Mahmud mengatakan bahwa yang termasuk keluarga kreteria miskin, yang berhak mendapatkan PKH dan Bantuan Sosial lainnya itu sudah jelas kategorinya, secara ekonomi sudah tidak mampu.

“Saya sebagai Kepala Desa yang baru cuman bisa mengatakan Insya Allah, tapi kan gak bisa setiap hari saya begitu, sama saja bahasa janji,” kata Kepala, menanggapi pertanyaan newskabarnegeri.com terkait program bantuan Sosial yang terkucur kewilayahnya, Senin (22/10/2018).

Kepala Desa juga mengatakan, bahwa Intinya pemerintah Pusat dan Daerah harus tepat sasaran, dalam menyalurkan Program pada masyarakat. “Jangan lah pemerintah ini membuat suatu program yang bagus, tapi pelaksanaan dilapangannya tak tepat sasaran,” katanya.

Kepala Desa juga meungkapkan bahwa masyarakat yang saat pendataan dahulu masuk ke kretirea tidak mampu, tidak menutup kemungkina saat ini sudah mapan dan tak berhak lagi menyandang sebutan Miskin.

“Mungkin saat dulu dia didata posisi ekonominya lagi dibawah, kan gak menutup kemungkinan misalkan dalam jangka satu tahun ini dia bagus ekonominya meningkat, kalo nanti bisa dirubah tolonglah, malahan saya mau mengajukan lagi, itu kan harus bisa sebenernya,” katanya.

Kepala Desa juga meminta agar dinas-dinas terkait dapat merespon persoalan yang ada dilapangan terkait program PKH dan Bantuan Sosial lainnya, karena menurutnya masyarakat pastinya akan menanyakan kepada Desa melalui RT, terkait setiap program yang disalurkan oleh pemerintah Pusat maupun Daerah.

“Masyarakat ini gak akan langsung ke Dinas, gak akan langsung ke pendamping, minimal ke pejabat paling bawah itu RT, jadi yang kena dampaknya ini RT, padahal hampir 100% pengurus saya tidak tau cara pendataan dan pengajuanya,” kata Kepala Desa

Kepala Desa juga mempertegas agar persoalan ini segera direspon dan dibuktikan dengan tindakan oleh Instansi terkait, bahkan bila perlu turun langsung ke masyarakat agar program tepat sasaran.

“Makanya tolonglah saya minta, pengajuan ini harus direspon dan kedua saya minta dibuktikan, karena kalo dibilang tidak adil, ya memang tidak adil, dicek turun langsung, bandingkan ekonominya yang dapat PKH dengan yank tidak,” pungkas Kepala Desa. (Rn)

Tinggalkan Balasan