Penyakit Kuning Menjangkit, Harga Kacang Panjang Siap Melangit

4
517

Bogor, Kabar Negeri
Mewabahnya Penyakit tanaman Kacang Panjang, kemungkinan besar petani Gagal Panen sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan, sudah barang tentu harga kacang panjang bisa meroket yang saat ini harga per 1 kg 15.000-20.000.

Hal ini disampaikan Jajat Sudrajat Gapoktan Bina Tani Sepakat, Kp. Cibeureum, Desa Neglasari Rt 2 Rw 5 Kecamatan Dramaga, Bogor.

“Ya sudah hal yang biasa, kan kalau tanamanya terjangkit penyakit sampai meneyabkan kematian pada tanaman, gimana mau panen sempurna, otomatis hasilnya gak bisa memenuhi kebutuhan pasar, ya disitu harga tak terkendali, sekarang aja sudah mencapai 15.000-20.000/kg,” katanya, Senin (08/10/2018)

Menurutnya dengan kondisi seperti ini, Dinas Pertanian secepatnya ambil langkah yang tepat agar kondisi ini tidak berlarut larut.

“Nama penyakit yang menjangkit tanaman kacang, dengan ciri awal daun menguning kalau dibiarkan warna kuning pada daun atau batang sangan cepat menjangkit keseluruh batang, hingga buah dan sangat cepat penularnya ke pohon yang lain, dan menurut keterangan dari Orang Dinas (penyuluh) itu dinamakan Virus Kuning,” ungkapnya

Menurutnya penyakit kuning seperti ini sudah 3 tahun selelu mengancam tanaman Kacang Panjang ini, dalam satu tahun 4 kali tanam, pasti di salah satu masa tanaman yang berikutnya kena, “hal ini terjadi di seluruh wilayah Kecamatan Dramaga, hal ini di buktikan melalui komunikasi lewat sosmet hingga ketemu langsung degan para Gapoktan atau ke Poktan langsung,” katanya.

Menurutnya sampai saat ini belum ada solusi, sehingga dianggap penting hal ini dikomunikasikan pihak pendamping atau penyuluh pertanian dari dinas pertanian dengan tujuan mendapatkan solusi namun dirinya hanya mendapatkan penjelasan yang tidak memuaskan, “beli bibit yang berkwalitas unggul varitas Katon dan pertiwi,” ujarnya menirukan.

Namun menurutnya setelah anjuran itu diikuti, penyakit itu tetap saja menjangkit tanaman kacangnya, Jajat berharap agar pemerintah dan instansi lainnya untuk secepatnya menemukan solusi bagai mana cara mengobati penyakit yang menjangkit tanaman tersebut. (Hs)

4 KOMENTAR

  1. Good post. I learn something totally neew and
    challenging on websites I sttumbleupon on a
    daily basis. It will always be interesting to read articles
    from other writers and use a little something frfom
    their web sites.

Tinggalkan Balasan