38 views

Desa Cisarua Gandeng Disdukcapil Kabupaten Bogor Jemput Bola Akta dan KIA

Bogor | newskabarnegeri.com

Untuk memudahkan kebutuhan masyarakatnya terkait pengurusan dokumen kependudukan menjadi terbantu, Pemerintahan Desa ( Pemdes) Cisarua, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Gandeng Disdukcapil, jemput Bola Pembuatan Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Desa Cisarua, H Ipid Idris mengatakan selama ini ada masalah perihal dengan kependudukan ini sehingga Pemdes mengkomunikasikan dengan Disdukcapil agar bisa dilakukan di kantor desa. “Tadinya mau dilakukan perekaman juga, karena instruksi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor tidak membolehkan berkerumun dengan jumlah massa yang banyak, perekaman dibatalkan lantaran PSBB diperpanjang. Sekarang ini adalah pembuatan akta kelahiran dan KIA, ini memang program kita pemerintah desa,” ujar Kades, Kamis (17/09/2020).

Baca Juga :  Peningkatan Jl. Sinangbarang Jero Serap Rp. 2,3 M



Dia mengaku mengajukan surat ke Disdukcapil dengan permohonan untuk dilakukan pembuatan akta kelahiran di kantor desa karena masyarakat kalau harus mengurus surat tersebut ke Disdukcapil di Cibinong jaraknya cukup jauh. Dalam kegiatan tersebut Desa Cisarua mendapat kuota sebanyak 300 akta kelahiran dan untuk KIA tidak dibatasi. “Selama ada dibikinkan langsung. Alhamdullilah semua berjalan lancar dan tidak ada kendala,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kadis Sosial Kab. Bogor: Bukan Kewenangan Dinas Keluarkan Rekom Supplier

“Alhamdulillah tadi Pak Kadis Disdukcapil datang kesini kita juga komunikasi dan meminta untuk program ini adalah bukan hanya satu kali saja. Diharapkan di setiap desa se- Kecamatan Nanggung bisa melaksanakan hal serupa, paling tidak satu tahun sekali. Diminta seluruhnya untuk bersabar bahwa program ini akan terus berkelanjutan. Kami terus mengajukan permohonan ke Disdukcapil agar kebutuhan masyarakat kepemilikan akta kelahiran bisa ter-cover,” pungkasnya

Baca Juga :  Kapolsek Hadiri Shalat Duha dan Ghoib Di SMA Negeri 1 Dramaga

Dalam kegiatan tersebut, kata ipit pihaknya menjalankan protokol kesehatan sesuai gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bogor. “Kami tetap mejalalankan sesuai protokol kesehatan, sebelum kegiatan sudah jauh-jauh hari kita sosialisasikan agar warga yang datang mengunakan masker, cucitangan, jaga jarak aman dan lain sebagainya,” tutur Ipit.(Andreansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *