70.224 KPM Kabupaten Bogor Terima Bansos Sembako Presiden

Bogor | newskabarnegeri.com

Sebanyak 70.224 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menerima paket bantuan sembako dari Presiden. Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Pepen Nazaruddin mengatakan, para penerima bantuan sembako tersebut tersebar di tujuh Kecamatan, yaitu Bojong Gede, Cibinong, Cileungsi, Citereup, Gunung Putri, Jonggol, dan Klapanunggal.

“Saya hadir menyaksikan penyaluran Bansos sembako bantuan Presiden Joko Widodo, sekaligus mengapresiasi Pemda Bogor yang menempelkan stiker di rumah keluarga penerima bansos. Itu patut ditiru di tempat lain,” kata Pepen, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga :  PT. Sayaga Wisata Akan Ikut Kelola Geopark Pongkor



Ia menambahkan, penerima bantuan berasal dari data yang diberikan Pemkab Bogor. Untuk itu, sejak awal mekanisme pendataan penerima bansos beserta alokasi per kelurahan atau desa diserahkan sepenuhnya kepada daerah setempat. “Kita tidak mengatur hal tersebut supaya nanti tidak kacau,” kata dia.

Pepen berpesan kepada Ketua RW atau Kepala Desa untuk memastikan bansos terdistribusi merata. Selain itu, ia mengharapkan semangat gotong royong antar warga terkait pembagian bansos ini.

Baca Juga :  PDAM Tirta Kahuripan Siaga Melayani Pelanggan Di Lebaran Tahun Ini

“Sebenarnya dibicarakan antar warga, dipimpin Ketua RW atau Kepala Desa bisa kok. Rakyat kita kan punya semangat gotong royong. Kalau yang sudah dapat, terus dapat lagi dikasih ke yang belum,” ucapnya.

Bantuan presiden yang diserahkan ini merupakan tahap pertama untuk wilayah Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi). Adapun total bantuan presiden menjangkau 1,9 juta KK dengan rincian 1,3 juta KK untuk DKI Jakarta dan Bodetabek (daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta) 600 ribu KK.

Baca Juga :  Ditengah Pandemi Covid-19, 2 Pasangan Di Amankan Satpol PP Tenjolaya

Penyaluran bansos sembako sejak 20 April 2020. Pada kesempatan pertama, Kemensos konsentrasi di DKI Jakarta karena Ibu Kota lebih dulu menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Proses pembaruan data terus dilakukan, lagi pula datanya banyak. Data penerima bansos sembako bantuan presiden untuk Kabupaten Bogor, Kota Tangerang dan Tangsel, Depok dan Bekasi (Bodetabek), sudah kami terima,” tuturnya.(Randi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *