773 views

Kepala Desa Cibening : BUMDes Gagal Urusanya Ama BPK & Kejaksaan Akan Bertindak

Bogor | newskabarnegeri.com

Kepala Desa Cibening, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Parihudin menuturkan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) belum ada dua bulan terbentuk, penyertaan modal pun baru Rp. 72 Juta saat dimasa jabatannya.

Kepala Desa juga menerangkan untuk saat ini Unit usaha yang dikembangkan BUMDes adalah perikanan, namun sampai saat ini terkait pangsa pasar masih belum memiliki, oleh karena itu BUMDes diberi waktu satu tahun untuk dapat memberikan PAD Ke desa.

Baca Juga :  Kota Bogor Gandeng Investor Asing Ke Galuga, Bupati : Belum Ada Pembicaraan



“Intinya BUMDes itu berkewajiban memberikan keuntungan ke Desa, kalau tidak memberikan keuntungan urusanya ama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), karena BPK yang mengawasi,” tutur kepala Desa, Kepala Desa Cibening yang baru 60 hari menjabat, Kamis (23/01/2020).

Saat ditanyakan terkait fungsi pengawas BUMDes Kepala Desa menyampaikan bahwa, pengawas bekerja sesuai aturan namun hasilnya nanti yang mengaudit BPK bukan dirinya.

Baca Juga :  Di Hari Kemerdekaan, Jalan Jasinga - Tenjo Rusak Parah

“Karena Aset Desa itu sekarang yang mengawasi BPK, ada jeda waktu sekarang keluarkan modal, tahun besok gak bisa mengeluarkan modal, saat nanti Rugi Kejaksaan Negeri yang akan bertindak,” kata Kepala Desa.

Kepala Desa juga menerangkan bahwa BUMDes berkewajiban menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) minimal 10% dan maksimal 20% dari total keuntungan bersih BUMDes, “jika dalam jangka waktu 1 tahun pihak BUMDes tidak bisa memberikan hasil kita reshuffle total,” ucap Kepala Desa.

Baca Juga :  Fahrudin : Geng-geng Tauran Itu Ternyata Benderanya Bendera Sekolah

Reporter : Heri
Editor : Randi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *