56 views

Pengurus FKP-P4GN Dikukuhkan, Pemuda Dramaga Siap Perangi Narkoba

Bogor | newskabarnegeri.com

Sabtu, (7/12/2019) digelar Pembentukan Forum Komunikasi Pemuda (FKP) dan Pengukuhan struktural pengurus Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kecamatan Dramaga, berlokasi di Aula Kantor Kecamatan Dramaga.

Dalam kegiatan tersebut turut Dihadiri Dewan Pembina Camat Dramaga, Ivan Pramudia, Kapolsek Dramaga Akp. Sudarsono, S.Pd sebagai sekretaris, sedangkan Danramil Danramil 0621/Ciomas sebagai Anggota dewan pembina. Selain itu juga turut hadir Dewan Penasehat, Heri Supendi, Ine Handayani sebagai sekretaris dan 1 Anggota Dewan Pembina.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Ketua Umum FKP-P4GN Kabupaten Bogor Ahmad Kosasih, Ketua Wilayah Kecamatan Dramaga, Egi Sudarmaji bersama bidang bidang kepengurusan, serta pengurus Korwil 4 (Pamijahan, Ciomas, Ciampea, Tenjolaya, Cibungbulang dan Dramaga) di wakili Anita Rahayu, Ketua Bidang Pencegahan.

“Catatan khusus dari saya di setiap pergerakan atau forum apapun anggotanya masih orang yang sama, saya sebelumnya sudah menyarankan agar dilibatkan masyarakat yang pernah terlibat dan insyaf, sehingga ketika sedang melakukan sosialisasi menyentuh,” tutur Camat Dramaga, Ivan Pramudia dalam sambutanya.

Camat juga menilai bahwa peredaran narkoba di wilayah sudah semakin mengila, dengan berbagai kemasan selain tujuan mengkelabui aparat penegak hukum, juga mengkamuflasekan prodak Narkoba menjadi prodak konsumsi anak-anak sekolah seperti premen dan lain sebagainya, sehingga tidak sedikit anak anak yang tertipu dan ketagihan.

Baca Juga :  Kades Purwasari, Pemuda Bersama Freeaktivitas Prakarsai Film Dramaga Movie

“Dengan teknik itu mereka memperluas pasar atau jaringan, hal itu menuntut kita bersama agar dapat mencegah dengan memberikan sosialisasi edukasi terhadap sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Dramaga,” kata Camat.

Kapolsek Dramaga, Akp. Sudarsono, S.Pd juga menyampaikan dengan bersama-sama kita lakukan yang terbaik untuk mengurai persolan khususnya Narkoba, “tanpa ada dukungan dari elemen masayarakat kami tidak akan mampu secara maksimal melakukan tugas mengamankan wilayah hukum Dramaga, dengan dibentuknya forum P4GN ini semoga mampu menekan peredaran Narkoba,” harap Kapolsek.

Sama halnya dengan yang disampaikan Koramil 0621/Ciomas diwakili Pelda. Endang Permadi sebagai Danpos Wil. Dramaga bahwa, Anggota Koramil 0621/Ciomas siap sepenuhnya mendukung pergerakan positif dari Forum P4GN yang baru terbentuk ini, “dengan harapan peredaran Narkoba di wilayah Kecamtan Dramaga dapat ditumpas minimal ditekan,” pungkasnya

Ketua Umum FKP-F4GN Kabupaten Bogor Ahmad Kosasih menyampakan pesan tersiratnya yang penuh harapan terhadap P4GN willayah Kecamatan Dramaga, sekaligus bangga terhadap dukungan yang sudah ditonjolkan oleh Muspika Dramaga, dengan cara hadiri dalam acara pembentukan sekaligus pengukuhan hingga langsung penyerahan SK terhadap Dewan kepengurusan P4GN.

Baca Juga :  Musrenbang Kec. Tenjolaya Sosialisasikan Pancakarsa

“Saya sangat berbangga hati, karena di acara P4GN ini baru akli ini di hadiri langsung oleh camatnya, bersama Kapolsek dan perwakilan dari Koramil, P4GN ini hanya baru ada di wilayah Kabupaten Bogor, tahun 2009 di bentuk P4GN yang anggotanya dari berbagai unsur organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Bogor, adapun tugas pokok utama dari P4GN ini hanya bersifat pencegahan, namun demikian ketika ada masyarakat sudah kadong menjadi korban, P4GN memiliki kewajiban mendorong dan mendampingi si korban agar mau melakukan rehabilitasi,” kata Ahmad.

Ahmad melanjutkan, P4GN ini juga di bawah asuhan Dispora, sehingga kedepannya setiap pengurus P4GN harus sudah melalui tahapan trening of traner (TOT), P4GN ini terbentuk berdasarkan Sukarela, namun demikian belum lama ini dari Kesbangpol sudah ada penawaran Dana Hibah.

“Akan tetapi sementara ini kami belum berani untuk ngambil penawaran tersebut, kami percara pilosofinya ketika dalam kondisi pahit saja perjuangan kita sukses, berarti terbentuknya P4GN ini betul-betul berangkat dari masyarakat yang rela dan Ikhlas/pejuang/yang peduli terhadap generasi muda indonesia khususnya masayarakat yang ada di wilayah Kabupaten Bogor, sehingga masyarakatnya dapat memahami bahayanya dari penyalahgunaan Narkoba dan dapat menjadi masyarakat Bogor yang sehat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Waktunya Urang Sunda Muncul Di Tingkat Nasional, Ini Kata Ketua KWB, Dace Supriyadi

Sementra itu P4GN Dramaga terpilih Egi Sudarmaji menyampaikan harapan bahwa setelah terbentuknya Forum ini juga terpilihnya ia menjadi ketua, agar sungguh-sungguh dapat melakukan langkah nyata untuk kepentingan masyarakat dengan penuh sukarela, sekaligus menjawa lontaran keritikan dari camat Dramaga

“Saya yakin pengurus-pengurus P4GN Kecamatan Dramaga ini betul-betul mampu melaksanakan tugasnya dengan dengan ikhlas, betul kritikan dari pak camat bahwa di beberapa forum anggotanya itu lagi-itu lagi, namun perlu di ketahui kami sebelunya sudah lakukan sosialisasi sebelum rekrutmen ke berbagai kalangan, inilah hasilnya, semoga para pengurus yang baru di kukuhkan ini mampu mengemban tugas sosial ini dengan tulus dan ikhlas,” katanya.

Reporter : Heri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *