Pemerintah Desa Neglasari Rancang Rencana Pembangunan 2020

Bogor, Kabar Negeri

Pemerintah Desa Neglasari Kecamatan Dramaga, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), Jumat (20/09/2019). Acara tersebut digelar di Aula Kantor Desa Neglasari yang dihadiri, Babinsa, Babinkantibmas, Kepala Desa beserta Jajaran, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Perwakilan Tokoh masyarakat dan Para ketua RT dan RW.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir para Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Dramaga, Kader Posyandu, Para Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Perwakilan Sekolah yang ada di Desa Neglsari, kader Posyandu dan tamu undangan lainnya.



Ketua BPD Sidiq Riyadi S.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa hari ini adalah musyawarah perencanaan pembangunan yang akan pemerintahan Desa lakukan, sehingga pembangunan di wilayah Desa Neglasari natinya lakukan tepat sasaran.

Sementra itu Kepala Desa, Yayan Mulyana dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa pada hari ini yang akan dimuayawarahkan selain rencana pembangunan di tahun 2020, juga pelaporan pembangunan tahap ke-1 dan ke-2 di tahun 2019.

Baca Juga :  Bagikan Gerobak, Neglasari Juga Butuh Penambahan Truk Pengangkut Sampah

“Bagi wilayah yang belum tersentuh pembangunan seyogyanya di saat acara musyawarah di tingkat Desa agar ikut hadir sehingga bisa memberikan masukan,” tutur Kades.

Kedes menambahkan, terkai pembangunan sumberdaya manusia, agar masyarakat atau tokoh memberikan masukan akan bisa di ajugkan.

Kasi Ekbang Kecamatan Dramaga Hj.Nurahmat. M.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam aturan Kemendagri 114 tahun 2014 ayat 4 Desa harus di tetapkan(di PerDes kan), mengingat ada beberapa sumber Anggaran Desa yang penggunaan nya sudah di tetapkan dan diatur.

“Oleh Karenanya sebelum masuk di tahun berikutnya harus di rencanakan dahulu bersama secara matang dan hasilnya diusulkan untuk periode berikutnya, di Tahun 2019 RTLH kwotanya hanya 12 unit, namun di tahun 2020 hanya mendapatkan 8 unit saja, namun nilai nya menjadi naik Rp. 17.500.000 sebelum di potong pajak 11.5%,” katanya.

Baca Juga :  Bukan Sekedar Teori, 2 Mahasiswa Polbangtan Bogor Berhasil Budi Daya Kacang Tanah

Ia juga menyampaikan bahwa dalam program Bupati untuk hari Sabtu semua masyarakat kecamatan Dramaga di minta kerelaannya melakukan bersih-bersih di sekitar wilayah Kecamatan Dramaga.

Disamping itu Kasi Pemerintahan Khaerul Saleh.SE mengingatkan bagi pemerintahan Desa yang belum mengimpentarisis aset Desa agar segera melakukan pendataan, Dirinya juga memberikan masukan agar di setiap usulan agar betul-betul disesuaikan dengan kebutuhannya, sehingga tepat sasaran.

Dalam paparan Kepala Desa menyampaikan bahwa Dana Desa Tahap 1 sebesar 20% direalisasikan untuk betonisasi jalan di wil RW.006, pengaspalan jalan Gang Bades Cikiruh Rw 005, TPT Kp. Gg. Bades RT.005/RW.005, TPT Kp. Cihideung, juga 12 unit RTLH berhasil di bangun. Yang lainnya pembangunan di sektor kesehatan pun tak luput di lakukan.

Baca Juga :  Wujudkan Pancakarsa, Kecamatan Tenjo Akan Usulkan 31 Prioritas

“Pun demikian kami masih memiliki PR 3 titik TPT di wilayah RT.5/RW.6 dan jalan lingkungan Bojongsari, Gang Saluyu RT.04/RW.01 dengan Kp. Malangsari RT.01/RW.01 yang insya Allah di tahap ke 3 rampung di kerjakan,” terang Kades.

Adapun rencana kerja pembangunan Desa Tahun 2020 tetap berpedoman kepada RPJMDes, Bidang Pemerintahan Desa, Peningkatan kapasitas perangkat Desa dsb, Bidang pembangunan, Ada 9 rencana pembangunan untuk 2020 yang akan diusulkan.

Diantaranya jalan di Gang Saluyu RT.001/RW.001, Jalan penghubung Kp. Cibeureum RT.003/RW.002 dengan Cihideung RT.004/RW.004, Pembangunan Posyandu (tanah hibah), Sarana air Bersih (SAB) pembuatan sumur Bor, Sarana Olahraga Desa (Sorga Desa), Peningkatan jakan Lingkungan (jaling tersebar di wil. Rw1, 2 dan 3), Betonisasi jalan lingkungan (tersebar), TPT dan Sementara yang menjadi skala prioritas di Bidang Pemberdayaan adalah stunting.(Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *