Di Hari Yang Sama, Desa Petir Gelar MusrenbangDes Sekaligus Penetapan Calon Kepala Desa

Bogor, Kabar Negeri

Pemerintah Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) sekaligus Penetapan Bakal Calon menjadi Calon Kepala Desa, di Aula Kantor Desa Petir Kamis, (19/09/2019).

MusrenbangDes Petir di mulai Pukul 09.00 WIB yang dihadiri warga masyarakat bersama Tokoh masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), RT dan RW serta tokoh Pemuda, seusai MusrenbangDes dilanjut kegiatan Penetapan Calon Kepala Desa.



Tema inti dalam Musrembang adalah Rencana Pembangunan Infrastruktur Desa dan Bagimana agar Pilkades tetap terselengarakan walaupun anggaranya baru akan direalisasikan 3 hari sebelum hari H.

“Alhamdulillah tahun 2019 jumlah nominal Anggaran 1.5 miliyar kita bagi 2 tahap, tahap ke-1 20%, tahap ke-2 40% dan tahap ke-3 40%. Alhamdulillah tahap 1 dan 2 sudah direalisasikan, sementara untuk tahap ke-3 dengan perkiraan nominalnya kurang lebih 600 juta. Di tahap ke-3 ini pembangunan insfratuktur dua titik dan TPT plus untuk pemberdayaan penyertaan modal BUMDes insya Allah akan direalisasikan,” tutur Pjs Kepala Desa, Wildan Sujali S.Ip.

Baca Juga :  Indonesia Negara Pertama Dikunjungi Scott Morrison Usai Dilantik Jadi PM Australia

Menyikapi Pilkades Wildan menerangkan bahwa karena anggaran Pilkades ada 2 sumber (APBDes dan APBD), yang menjadi masalah adalah sumber dari APBD, meski begitu agar tahapan Pilkades ini tetap berjalan pihaknya berupaya mencari solusi dengan dana talang.

“Kondisinya kan APBDes sedang berjalan dan juga ada aplikasi Siskedes, sehingga tidak bisa dengan serta merta mencairkan anggaran dari dana tabungan Desa itu, karena langkah awal lakukan perubahan di APBDes dulu, Insya Allah kami akan segera lakukan perubahan APBDes semoga di akhir bulan September terselesaikan,” terangnya.

Baca Juga :  LMPI Minta Pemerintah Harus Lebih Peka Terhadap Masyarakat

Disela itu Wildan juga singgung terkait Proses pemilihan Desa yang bantuan anggarannya baru akan direalisasikan oleh pemerintahan Kababupaten Bogor 3 hari sebelum hari H, akan terapi acara Pilkades harus tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

“Berhubung Anggaran Pilkades era tahun 2019 ini belum bisa tercairkan namun acaranya harus tetap terus terlaksanakan, sebagai dana talangan kami ingin mencoba mengunakan Dana anggaran lain,” kata Wildan.

Sementara itu Nadi Marjuki S.Pd Ketua BPD menjelaskan bahwa Kapasitas BPD adalah mengawasi jalannya pemerintahan Desa, adapun dalam acara MusrembangDes selain menampung Aspirasi warga masyarakat Desa Petir, juga mendengarkan Laporan realisasi penggunaan anggaran Tahun 2019 priode 1 hungga 3.

Baca Juga :  Kasetpres Serahkan 6.000 Paket Bantuan Presiden untuk Warga Terdampak Bencana di Sukajaya

“Alhamdulillah pembangaunan di tahun 2019 di tahap satu dan tahap dua terealisasi dengan baik, sementara ada satu titik infrastruktur lagi itu akan dilakukan di tahap tiga dengan sisa anggaran 600 juta,” tuturnya.

Selanjutnya, menyikapi acara Pilkades Serentak, Nadi menyampaikan Selain ada Tabungan Desa sebesar Dua Puluh Juta, juga pihaknya sudah menyiapkan dana talangan dan setelah bantuan anggaran dari Pemerintahan Kabupaten cairkan anggaran tersebut dapat gantikan.

Disamping itu Ketua Pilkades, Ugan saat hendak dikompirmasi newskabarnegeri.com tidak bersedia dengan alasan sudah mengajugkan Cuti untuk persiapan Umroh, “saya sudah melakukan proses pengajuan cuti Umroh,” pungkasnya.(Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *