KPM PKH Ternyata Ada Peternak Madu

Bogor, Kabar Negeri

Sahlan, salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan yang terus melakukan inovasi sebagai upaya meningkatkan taraf hidup keluarga, Sahlan yang saat ini bertempat tinggal di RT.01/RW.02 Desa Singabraja Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menggantungkan hidupnya dengan berternak Madu yang 5 tahun terakhir ia geluti.

“Saya sudah lima tahun bergelut sebagai petani madu, awalnya saya mengeluarkan Modal Rp. 500.000 untuk membuat Kotak atau Bongbok, yang nantinya akan kita taro sarang lebah didalamnya, sarang lebah sendiri saya ambil dari hutan dan saya taro di Bongbok,” tuturnya, Kamis (15/08/2019).

Baca Juga :  Vendor & Supervisor Diduga Kangkangi Keputusan Direksi PT. PLN (Persero)



Dirinya juga menjelaskan biasanya ia bisa memanen dengan hasil 7 sampai 10 botol per tiga bulan dan dijual ke wilayah Tangerang dengan harga Rp. 130.000 per botolnya, saat ini semenjak kemarau melanda wilayahnya, sudah 5 bulan Sahlan belum juga panen.

“Karena saat ini saya belum bisa panen saya melakukan usaha lain dengan bertani Padi Huma di tanah perhutani, karena padi Huma kan dapat tetap bisa dipanen meski kondisi cuaca kemarau atau kekurangan air,” ujarnya.

Baca Juga :  Program P3A Membangun : Walau Penggunaan Anggaran Tidak Transparan, Masyarakat Tani Kampung Cisalada Tetap Bersyukur

Pendamping PKH, M. Zaenulihwan yang kebetulan mendampingi keluarga Sahlan menyampaikan bahwa KPM tersebut masih memiliki Komponen Anak sekolah, yang saat ini masih bersekolah di SMP Negeri 1 Tenjo, sedangkan istri Sahlan sendiri memang sudah Almarhum.

“Kami selaku pendamping PKH selalu memberikan motivasi kepada para KPM untuk memberanikan diri membuka usaha, sehingga kedepanya dapat lepas dari program PKH ini, dalam arti lain Graduasi Mandiri,” ujar Zaenulihwan.

Baca Juga :  Polemik Koperasi Kelola Hutan TNGHS II

Semantara itu Koordinator Kecamatan Pendamping PKH, Ahmad Fauji menerangkan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kemampun ekonomi KPM, dengan mendukung dan memfasilitasi usah para KPM yang ada di wilayah Kecamatan Tenjo.

“Kedepannya kita akan mencoba menularkan semangat berwirausaha kepada semua KPM, karena jika mereka memulai usaha sejak kini itu dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan atau ketahanan ekonomi keluarganya,” kata Fauji. (Randi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *