Empat Bulan KPM PKH Fokus Bangun Usaha Dodol Tenjo

Bogor, Kabar Negeri

Seorang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) kini sudah banyak yang mampu memulai usaha, demi meningkatkan taraf ekonomi keluarganya, salah satunya Santi (37) yang memberanikan diri bersama suaminya tercinta Supendi (40) untuk merintis usaha Dodol Asli Tenjo dengan merek Raden.

Keluarga yang tinggal di Kp. Blok Empang, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo ini sudah menjadi KPM PKH sejak 2017 mereka di karuniai tiga anak, satu anak akan lulus SMA tahun ini dan dua lainnya masih duduk dibangku kelas 6 dan 1 SD.



Keluarga ini memulain Usaha Dodol Asli Tenjo sejak 4 bulan yang lalu, dengan mengajak sembilan orang tetangganya untuk ikut membantu memproduksi dodol, yang dua diantar sembilan orang tersebut juga merupakan KPM PKH.

Baca Juga :  Nekad Bobol Rumah Camat Tenjo, Dua Pria Diciduk Polisi

“Saya memulai usaha kecil-kecilan ini bersama-sama, sebelumnya saya juga berdagang Dodol namun tidak bikin sendiri tapi ngambil di orang, tapi saya beranikan diri bersama keluarga dan tetangga sekitar yang mau ikut membantu,” kata Supendi, Senin (29/04/2019)

Supendi sebelum merintis usaha Dodol Asli Tenjo ini, juga pernah berdagang dikereta dan membangun usaha dengan berdagang buah di kawasan Stasiun Tenjo yang sampai sekarang masih berjalan. Sementara itu untuk prodak Dodol Asli Tenjo yang saat ini dirintisnya kini sudah memenuhi pasar di wilayah Serang, Pandeglang dan Rangkasbitung, Lebak Banten.

Disamping itu prodak Dodol Asli Tenjonya juga sudah masuk kedalam beberapa Marketplace online, diantaranya Bukalapak dan Lazada, dengan dibantu oleh anak sulungnya yang sebentar lagi akan lulus SMA.

Baca Juga :  Jalan Jasinga - Tenjo Dibangun, Warga Hanya Mengatur Lalulintas

Sementara Pendamping PKH Siti Jumroah yang biasa dipanggil Njum menjelaskan, bahwa memang setiap dilakukan pertemuan dengan KPM pihaknya selalu menghimbau dan mengarahkan agar para KPM memberanikan diri untuk membuka usaha, sehingga ekonomin KPM dapat lebih meningkat kedepannya.

“Dalam setiap pertemuan saya berikan pengarahan dan tata cara membangun usaha kepada para KPM, meski disamping itu kami pihak pendamping selalu memotifasi para KPM yang sudah memuali usahanya, untuk tetap optimis dalam meningkatkan usahanya,” katanya, Senin (29/04/2019)

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping PKH, Ahmad Fauji yang akrab disapa Dacep menjelaskan bahwa, untuk Dodol Asli Tenjo memang sudah dikenal banyak orang bahkan bisa dibilang sangat populer di masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Baca Juga :  Ijtima Ulama 3 : Diskualifikasi Jokowi - Ma'ruf

Dacep juga menerangkan bahwa selain Dodol Asli Tenjo ini KPM PKH di wilayah Kecamatan Tenjo juga ada yang membangun usaha Anyaman Bambu, seperti Boboko dan anyaman lainnya di wilayah Desa Tapos dan Batok, juga ada petani Madu di wilayah Desa Ciomas.

“Saya berharap dengan adanya para KPM PKH yang sudah memulai membangun usaha ini dapat memotifasi KPM lainnya untuk ikut memulai usaha, karena jika mereka memulai usaha sejak kini itu dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan atau ketahanan ekonomi keluarga,” pungkas Dacep, Senin (29/04/2019). (Randi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *