200 views

Pendamping PKH Tersorot, Korcam Tenjolaya Lakukan Kroscek Langsung

Bogor, Kabar Negeri

Menanggapi berita newskabarnegeri.com terkait adanya dugaan buku tabungan, kartu ATM dan pin Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ada pada pendamping, dugaan pungutan kepada KPM dan dugaan pencairan tahap 4 yang dilakukan pendamping, Koordinator Pendamping Perogram Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan (Korcam) Iwan langsung melakukan langkah dengan melukan survei dan mengkroscek langsung terkait hal tersebut kepada para KPM Desa Gunung Mulya.

Dari hasil krosceknya dilapangan Iwan menjelaskan 3 hal diantaranya Pertama, bahwa Ja’anah yang mengadukan terkait hal tersebut kepada newskabarnegeri.com adalah salah satu KPM yang sudah Non Kriteria (NK) sejak September 2018, “sehingga memang bagi para KPM yang sudah NK kartunya ada di pendamping, sebagai tahapan dalam proses Graduasi,” katanya, Kamis (25/01/2019).

Baca Juga :  Rakor Satgas Covid-19 Bersama Relawan se-KecamatanTenjolaya



Kedua, terkait dugaan adanya dugaan potongan kesetiap KPM yang lakukan yang besaranya dari mulai Rp. 300 hingga 400 ribu dengan total KPM 26 orang, Iwan mengatakan dari hasil krosceknya kelapangan, hanya ada kesepakatan anggota Kelompok mengeluarkan Iuran kesejahteraan Sosial (IKS) yang diperuntukan Keperluan kelompok itu sendiri.

“Diantaranya untuk Kegaitan Pertemuan Kelompok/FDS, Santunan Anggota yang sakit, meninggal dan lahiran. Dan hasil kesepakatan besaran Iuran perorang setiap pencairan adalah Rp. 10.000/anggota dan itu sepenuhnya dikelola oleh ketua kelompok dan tertuang dalam Berita Acara kesepakatan IKS Kelompok,” katanya.

Baca Juga :  Kades Solihat Sesali Ucapan yang Diduga Mengandung Unsur Ujaran Kebencian

Ketiga, terkait dugaan pencairan tahap 4 yang dilakukan pendamping Iwan menjelaskan bahwa dari hasil krosceknya, Pencairan Tahap 4 kelompok PKH yang di Kp. Pasir Rt.01/01, Pendamping Melibatkan Ketua Kelompok Ibu Enur untuk membantu berjalannya Pencairan Tahap 4 yang dilakukan oleh Agen BNI 46.

“Hal itu dilakukan karena posisi ketua kelompok Kp. Pasir RT.01, Ja’anah sudah Graduasi semenjak bulan Sepetember 2018,” pungkasnya.

Baca Juga :  Dapat CMB, Rachmat Yasin Bebas

Selain itu pihak Korcam Pemdamping PKH juga melakukan pendampingan KPM sekaligus edukasi pencairan digerai ATM BNI 46 kampus IPB, sebagai langkah yang diambil PPKH Kecamatan Tenjolaya dalam rangka mengeliminir dugaan-dugaan negatif. (Randi/Heri/Asep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *